Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag dan Asam Lambung

Tips berpuasa dengan aman bagi penderita maag dan asam lambung yang sudah terbukti bisa Anda dapatkan di sini. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang tanpa harus khawatir jika penyakit maag Anda akan kambuh.

Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag dan Asam Lambung

Disamping puasa sunat, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan lamanya. Bagaimanakah agar penderita maag dan asam lambung bisa berpuasa dengan tenang dan nyaman tanpa harus khawatir penyakit maag atau asam lambung akan kambuh?

Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag

Seperti yang kita ketahui, jika penderita penyakit maag dan asam lambung tidak boleh membiarkan perut mereka kosong dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan bisa mempengaruhi peningkatan zat asam di lambung yang membuat penyakit maag dan asam lambung kambuh.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Di sini, saya akan memberikan beberapa tips berpuasa dengan aman bagi penderita maag dan asam lambung.

Inilah Beberapa Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag dan Asam Lambung Yang Sudah Terbukti Efektif

Tips-tips berpuasa di bawah ini bisa Anda terapkan selama menjalankan ibadah puasa ramadhan maupun puasa sunat. Berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan Melewatkan Makan Sahur

Sama halnya dengan sarapan, Anda penderita maag tidak boleh melewatkan makan sahur saat hendak berpuasa. Disarankan Anda untuk sahur saat mendekati waktu imsak.

Setelah makan sahur, Anda sebaiknya tidak langsung tidur. Anda bisa melakukan beberapa olahraga kecil seperti jalan kaki atau solat sunat sebelum solat subuh.

2. Konsumsi Karbohidrat Saat Sahur

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lebih disarankan bagi Anda penderita maag dan asam lambung. Meskipun begitu, Anda tidak disarankan untuk konsumsi mie. Meskipun memiliki karbohodrat yang tinggi, mie bisa membuat Anda lapar lebih cepat. Anda juga bisa mengimbanginya dengan sayuran dan buah-buahan.

3. Konsumsi Air Putih

Nah, tips berpuasa dengan aman bagi penderita maag dan asam lambung selanjutnya adalah banyak konsumsi air putih. Perbanyaklah konsumsi air putih dari waktu berbuka sampai waktu sahur.

4. Ikuti Panduan Makanan Saat Puasa Bagi Penderita Maag dan Asam Lambung

Saat berbuka, Anda sebaiknya jangan langsung makan banyak. Makanlah sedikit-sedikit, ini sangat membantu lambung dalam menyesuaikan pola makan Anda yang baru. Usahakan untuk berbuka puasa dengan yang manis, kurma lebih dianjurkan seperti sunah Rasul. Bila masih merasa lapar, Anda bisa melanjutkan makan besar setelah solat tarawih.

Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag

Di bawah ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk Anda penderita maag dan asam lambung konsumsi selama berpuasa. Diantaranya:

  • Buah-buahan dan sayur, salah satunya pisang
  • Kacang-kacangan, terutama kacang almond
  • Jus buah yang tidak asam saat berbuka

Dan di bawah ini makanan yang sebaiknya Anda hindari. Seperti:

  • Makanan yang mengandung lemak tinggi, termasuk aneka gorengan
  • Cokelat dan buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk, lemon, tomat dan lainnya yang dapat memicu naiknya asam lambung Anda
  • Hindari soda, kopi, minuman bernergi, teh, dan alkohol
  • Makanan pedas dan makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti cuka, merica, dan masakan lainnya dengan bumbu yang merangsang.

Anda juga sebaiknya tidak merokok dan tidak langsung tidur setelah makan. Pastikan jika Anda istirahat dengan baik dan menghindari stres termasuk tips berpuasa dengan aman bagi penderita maag dan asam lambung.

5. Tetap Solat Tarawih

Jika memang tidak memiliki halangan, seperti tamu bulanan pada perempuan, usahakan Anda selalu melaksanakan solat tarawih. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari solat tarawih. Beberapa diantaranya adalah:

  • Menurunkan kadar gula darah
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Membakar kalori
  • Menyehatkan tulang dan persendian
  • Menghilangkan stress
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina
  • Solat tarawih juga bisa melatih kesabaran Anda

إِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ الله صِيَامَهُ وَإِنِّيْ سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِيْنَ قِيَامَهُ، فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنَ الذُّنُوْبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ خرجه النسائي، وقال: الصواب عن أبي هريرة

Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barangsiapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.” (HR. Abu hurairah)

Ini Dia Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak penelitian yang mengungkapkan jika puasa pada minggu-minggu pertama bisa memicu peningkatan asam lambung setelah siang hari. Akan tetapi, kondisi tersebut akan kembali stabil setelah minggu kedua berpuasa.

Meskipun begitu, Anda penderita maag tidak perlu khawatir. Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM mengatakan, penderita maag sangat dianjurkan untuk berpuasa. Karena, puasa akan menyembuhkan sakit maagnya.

Penjelasannya seperti ini. Sebagian besar sakit maag yang ada dimasyarakat adalah sakit maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional ini dipicu oleh pola makan yang tidak teratur, termasuk konsumsi camilan yang tidak sehat untuk lambung seperti cokelat, keju, soda, gorengan, dan lainnya. Sedangkan maag organik selain dipicu oleh pola makan, juga di picu oleh stres.

Baca Juga >> Tanaman Obat Untuk Meredakan Sakit Maag

Selama berpuasa, makan kita menjadi teratur pada saat sahur dan berbuka. Disamping itu, berpuasa juga bisa mengurangi intensitas Anda untuk ngemil. Sehingga, Anda bisa menghindari konsumsi makanan-makanan pemicu sakit maag dan asam lambung selama berpuasa.

Manfaat lainnya dari berpuasa untuk penderita maag dan asam lambung adalah menjaga keseimbangan asam lambung. berpuasa juga sangat menyehatkan untuk organ Anda yang lain. Saat berpuasa, semua organ tubuh kita pada jam tertentu tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dan makanan. Dimana ini berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Selain mengikuti tips berpuasa dengan aman untuk penderita maag dan asam lambung di atas. Kami anjurkan Anda untuk mengkonsumsi QNC JELLY GAMAT 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan. Yakni, saat makan sahur dan saat berbuka.

QNC JELLY GAMAT adalah produk herbal berkhasiat yang sudah terbukti secara nyata mampu menjaga dan menormalkan zat asam lambung yang tinggi dengan cepat, memperbaiki kerusakan pada lambung, mencegah iritasi pada lambung, serta mengobati penyakit maag dan asam lambung sampai tuntas. Untuk informasi khasiat QNC JELLY GAMAT lebih lengkapnya, silakan klik link berikut >> Pengobatan Herbal Maag Dan Asam Lambung

Demikian tips-tips untuk menjalankan ibadah puasa dengan nyaman bagi penderita maag dan asam lambung. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

Tips Berpuasa Dengan Aman Bagi Penderita Maag

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *