Tanda dan Gejala Penyakit GERD

Tenggorokan Anda sering terasa pahit dan tidak enak? hati-hati! Kemungkinan besar Anda mengalami GERD. Yuk! Ketahui apa saja tanda dan gejala penyakit GERD guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Gangguan pada lambung yang disebabkan oleh naiknya zat asam lambung itu ada banyak jenisnya. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau kondisi dimana asam lambung naik sampai ke kerongkongan adalah salah satunya.

Gejala Penyakit GERD

Kondisi tersebut sangat berbahaya sekali apabila tidak segera ditangani dengan benar. Bahkan, salah satu komplikasinya dapat menyebabkan barret esofagus yang berpotensi berkembang menjadi kanker esofagus.

Maka dari itu, ada baiknya untuk Anda mengetahui ciri-ciri penyakit GERD. Sehingga, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan lebih cepat.

Pengobatan penyakit GERD yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh dan pulih kembali dengan cepat.

Inilah Beberapa Tanda dan Gejala Penyakit GERD yang Harus Diwaspadai

1) Suara serak

Suara serak memang seksi dan unik. Tapi, Anda perlu khawatir ketika suara Anda serak setelah akan. Pasalnya, pada penderita GERD, asam lambung yang naik sampai ke esofagus dapat mengiritasi pita suara. Akibatnya, suara Anda akan terdengar serak dan berbeda dari biasanya.

2) Heartburn atau nyeri pada dada dan ada sensasi panas seperti terbakar

Gejala penyakit GERD lainnya adalah heartburn. Jangan sampai salah membedakan dengan gejala penyakit jantung, ya! Heartburn karena penyakit GERD biasanya memiliki ciri berikut:

  • Rasa sakit atau nyeri pada dada tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya
  • Rasa sakit atau nyeri akan bertambah buruk aat Anda membungkuk atau setelah makan
  • Tidak disertai dengan keringat dingin
  • Biasanya rasa nyeri akan langsung reda setelah Anda mengkonsumsi obat asam lambung.

3) Mual

Seperti gejala penyakit asam lambung lainnya, penyakit GERD juga ditandai oleh rasa mual, bahkan sampai muntah-muntah. Tidak jarang juga, rasa mual tersebut bisa Anda rasakan tepat setelah makan.

4) Mulut terasa pahit

Gejala penyakit GERD yang satu ini lebih sering terjadi saat penderita berbaring atau beristirahat. Rasa asam atau pehit pada mulut tersebut terjadi akibat zat asam yang naik dan menyebar ke bagian belakang tenggorokan (faring).

5) Sakit tenggorokan dan kesulitan menelan (disfagia)

Ciri penyakit Gerd lainnya adalah sakit pada tenggorokan yang membuat penderita akan kesulitan saat menelan makanan. Umumnya, sakit tenggorokan ini tidak disertai dengan gejala lain seperti demam.

Selain gejala-gejala di atas, Ada beberapa gejala penyakit GERD lainnya yang juga harus Anda perhatikan, seperti:

  • Produksi air liur berlebih (Hipersalivasi)
  • Batuk dan sesak napas
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan
  • Regurgitasi (mual-muntah) makanan atau cairan asam lambung (acid reflux)
  • Merasa tersedak makanan dalam kerongkongan

Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa kondisi di atas, ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan agar kondisi yang lebih parah dapat di cegah sedini mungkin.

Terima kasih sudah menyimak informasi tanda dan gejala penyakit GERD di atas. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bantu share agar yang lain juga mengetahuinya ๐Ÿ™‚

Posted By : Obat Asam Lambung Tinggi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *